PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KEDISIPLINAN BELAJAR DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN TERNATE UTARA TAHUN 2022

Penulis

  • Radia Ayub Institut Agama Islam As-Siddiq Kie Raha

Kata Kunci:

Kecrdasan emosional, kedisiplinan belajar, kreativitas dan prestasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas kecerdasan emosional, kedisiplinan belajar, dan kreativitas terhadap variabel terikat prestasi belajar matematika SMP Negeri di Kecamatan Ternate Utara Tahun 2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 dan SMP negeri 5 yang berjumlah 360 siswa dan sampelnya sebesar 177 siswa dengan berpedoman pada tabel  Nomogram Herry King. Jenis penelitian ini adalah korelatif dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat expost facto. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kecerdasan emosional, kedisiplinan belajar, dan kreativitas terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri di kecamatan Ternate Utara baik secara simultan  maupun  parsial.  Hal  ini  berarti  bahwa  jika  variabel  bebas  tesebut  secara simultan  maupun  parsial  mengalami  kenaikan  maka  prestasi  belajar  siswa  semakin tinggi.  Sebaliknya  jika  variabel  bebas tersebut  mengalami  penurunan  maka  prestasi belajar siswa semakin rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Allen, M. J. & Yen, W. M. (1979). Monterey California : Introduction To Measurement

Theory, Cole Publishing Company.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara

Cooper, Robert K. (1999). Executive EQ: Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan dan

Organisasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Djamarah. (2002). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional. Furchan. (2011). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan.Yogyakarta : Pustaka Belajar. Golemen, Daniel. (1999). Working With Emotional Intelegence: Kecerdasan Emosi Untuk

Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Isenberg, Joan.P & Marry Renck Jalongo. (1993). Creative Expression And Play In The

Early Chilhood Curriculum. Toronto: Maxwell Macmillan Canada.

Munandar.( 2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Shochib. (2010). Pola Asuh Orang Tua. Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin

Diri. Jakarta : Rineka Cipta.

Slameto. (2002). Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta. Weisinger, H. (2006). Emotional Intelligence at Work. Penerjemah: Roro Ratih Ambarwati.

Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.

Saifuddin Azwar. 2013. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi

Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Siregar. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan

Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Unduhan

Diterbitkan

04-07-2023

Cara Mengutip

Ayub, R. (2023). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KEDISIPLINAN BELAJAR DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN TERNATE UTARA TAHUN 2022. IQRA: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 1(2), 1–10. Diambil dari https://www.jurnal.iai-assiddiq.ac.id/index.php/iqra/article/view/12