PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KEDISIPLINAN BELAJAR DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN TERNATE UTARA TAHUN 2022
Kata Kunci:
Kecrdasan emosional, kedisiplinan belajar, kreativitas dan prestasi BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas kecerdasan emosional, kedisiplinan belajar, dan kreativitas terhadap variabel terikat prestasi belajar matematika SMP Negeri di Kecamatan Ternate Utara Tahun 2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 dan SMP negeri 5 yang berjumlah 360 siswa dan sampelnya sebesar 177 siswa dengan berpedoman pada tabel Nomogram Herry King. Jenis penelitian ini adalah korelatif dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat expost facto. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kecerdasan emosional, kedisiplinan belajar, dan kreativitas terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri di kecamatan Ternate Utara baik secara simultan maupun parsial. Hal ini berarti bahwa jika variabel bebas tesebut secara simultan maupun parsial mengalami kenaikan maka prestasi belajar siswa semakin tinggi. Sebaliknya jika variabel bebas tersebut mengalami penurunan maka prestasi belajar siswa semakin rendah.
Unduhan
Referensi
Allen, M. J. & Yen, W. M. (1979). Monterey California : Introduction To Measurement
Theory, Cole Publishing Company.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara
Cooper, Robert K. (1999). Executive EQ: Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan dan
Organisasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Djamarah. (2002). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional. Furchan. (2011). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan.Yogyakarta : Pustaka Belajar. Golemen, Daniel. (1999). Working With Emotional Intelegence: Kecerdasan Emosi Untuk
Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Isenberg, Joan.P & Marry Renck Jalongo. (1993). Creative Expression And Play In The
Early Chilhood Curriculum. Toronto: Maxwell Macmillan Canada.
Munandar.( 2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.
Shochib. (2010). Pola Asuh Orang Tua. Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin
Diri. Jakarta : Rineka Cipta.
Slameto. (2002). Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta. Weisinger, H. (2006). Emotional Intelligence at Work. Penerjemah: Roro Ratih Ambarwati.
Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.
Saifuddin Azwar. 2013. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi
Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Siregar. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan
Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 RADIA AYUB

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.