Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Halal
DOI:
https://doi.org/10.5281/iqra.v1i1.20Keywords:
Gaya hidup, kelompok referensi dan keputusan pembelian, kosmetik halal, produk halal.Abstract
Kosmetik merupakan salah satu kebutuhan masyarakat di era modern. Hal ini dikarenakan tuntutan lingkungan yang mengharuskan seseorang untuk tampil lebih menarik. Namun beberapa indicator dalam pemilihan kosmetik perlu diperhatikan karena berhubungan dengan ketepatan untuk memutuskan pilihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian kosmetik halal. Sampel dalam penenlitian ini adalah Mahasiswi Institut Agama Islam As Siddiq Kie Raha Maluku Utara berjumlah 100 orang dengan Teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penenlitian ini menunjukan bahwa gaya hidup dan kelompok referensi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kosmetik halal. Untuk itu, para manajer perlu melakukan promosi dengan menyasar kelompok-kelompok referensi yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat terhadap kosmetik. Selain itu para manajer juga perlu menyesuaikan produk yang diciptakan dengan tren atau gaya hidup para penggunanya.
Downloads
References
Acuan, P. K., & Hidup, D. A. N. G. (2022). MASA PANDEMI COVID-19. 1(9), 1595–1604.
Ahmad, H., & Ahmad, A. (2016). Establishing Halal Lifestyle Term in Clothing: Guideline and Guidance from Islamic Viewpoint. International Journal of Humanities Technology and Civilization, 01, 7216.
Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663
Fathurrahman, A., & Anggesti, M. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Kasus pada Produk Safi). JES (Jurnal Ekonomi Syariah), 6(2), 113. https://doi.org/10.30736/jesa.v6i2.125
Hasbullah, H. (2021). Analisis bauran pemasaran, perilaku konsumen dan citra merek terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan. Forum Ekonomi, 23(4), 614–622. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI/article/view/10231%0Ahttps:
//journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI/article/download/10231/1527 Hashim, S. N. A., & Mohammed Saniff, S. (2020). Aplikasi konsep gaya halal untuk kesejahteraan
mental. Malaysian Journal of Social Science, 5(1), 58–65.
Herdani, kinanti putri, & Ratnasari, I. (2021). Pengaruh Budaya Dan Kelompokreferensi Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Tiktok Di Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 1–14. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1490064&val=12596&title=AN ALISIS KOMPARATIF PENGUKURAN KINERJA ENTITAS SYARIAH DENGAN BALANCE SCORECARD DAN MASLAHAH SCORECARD
Hernomo, A. F. (2021). Pengaruh Pengetahuan Lingkungan Dan Kepedulian Lingkungan Terhadap Niat Beli Produk the Body Shop Di Surabaya. Performa, 6(4), 302–311. https://doi.org/10.37715/jp.v6i4.2552
Izzani, T. (2021). Pengaruh Green Marketing Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Love Beauty Planet (Studi Kasus Di Giant Pasar Minggu). JIMEN Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen VOL. 1, NO. 2, April 2021 PENGARUH, 1(2), 150–157.
Muhtarom, A., Syairozi, I., & Wardani, N. D. (2022). Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Marketing, Dan Kepercayaan Terhadap Peningkatan Penjualan Dimediasi Loyalitas Pelanggan Pada Umkm Ayam Potong Online Elmonsu. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 743–755. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.628
Muyassaroh, N. (2019). Perpustakaan IAIN Pekalongan Perpustakaan IAIN Pekalongan. Jurnal Ekonomi Islam, Marketing Mix.
Nugeraha, P. (n.d.). GAYA HIDUP REMAJA DI MASA PANDEMIC DAN DAMPAKNYA
TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE SOSIOLOGI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya , Vol . 23 , No . 1 Maret 2021 : 73-85 PENDAHULUAN Pandemi Covid- 19 di Indonesia telah menciptakan peruabahan besar t. 23(1), 73–85.
Nurjanah, N., Sutrisno, S., & Marzal, J. (2021). Pengembangan Perangkat Berbasis TPACK pada Materi Garis dan Sudut untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 180–189. https://doi.org/10.31537/laplace.v4i2.552
Pratiwi, B. F. N., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kedai Kopi Ruang Temu Kabupaten Tulungagung). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1501–1511.
Prihartono, R. M. S. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jimea, 4(1), 106–113. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1490064&val=12596&title=AN ALISIS KOMPARATIF PENGUKURAN KINERJA ENTITAS SYARIAH DENGAN BALANCE SCORECARD DAN MASLAHAH SCORECARD
Saputra, Y., Rosihan, R. I., Spalanzani, W., Kumalasari, R., & Riyanti, H. (2022). Analisis perilaku konsumen dalam memutuskan minimarket sebagai tempat berbelanja. Jurnal REKAVASI, 10(1), 45–55.
Sartika, S. N., Anita, E., Mubyarto, N., Islam, U., Sultan, N., Saifuddin, T., Islam, U., Sultan, N., Saifuddin, T., Islamnegeri, U., Thahasaifuddin, S., Ushuluddin, F., Islam, U., Sultan, N., & Jambi, T. (2022). 1215-Article Text-4444-2-10-20220609. 2, 51–60.
Setijadi, S., & Wijaya, W. S. K. (2021). Pengaruh Merek, Harga, Fitur Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiomi Di Toko Cendana Cell Banjarnegara. Medikonis, 12(2), 67–79. https://doi.org/10.52659/medikonis.v12i2.55
Sholikhah, A. B., & Suhartiningsih. (2021). Pembuatan Video Rias Karakter Tiga Dimensi Efek Lelah Sebagai Media Pembelajaran Tata Rias Kreatif Di Smkn 3 Jember. E-Journal, 10(1), 33–41.
Sitompul, S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Label Halal dan Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik melalui Rekomendasi Kelompok Sebagai Variabel Moderating. Shar-E: Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 7(1), 51–64.
Sonia Cipta Wahyurini, & Trianasari, N. (2020). Analisis Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Mitra Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i1.321
Time, F., Hm, Y., Cranfield University, Executive, H. & S., Thermo Fisher Scientific, Kingdom, U., Office, I., Street, W., Kingdom, U., Service, C. A., Lane, N. B., Authorities, L., Nurjanah,
M. S., V.A.R.Barao, R.C.Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, J.G.S.Souza, Data, P., … Elkhouly,
D. M. A. (2022). Material Safety Data Sheet, 33(1), 1–12. http://www2.warwick.ac.uk/fac/sci/whri/research/mushroomresearch/mushroomquality/fun gienvironment%0Ahttps://us.vwr.com/assetsvc/asset/en_US/id/16490607/contents%0Ahttp:
//www.hse.gov.uk/pubns/indg373hp.pdf
Widiyanti, D., & Harti, H. (2021). Pengaruh Self-Actualization Dan Gaya Hidup Hangout Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Kekinian Pada Generasi Milenial Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 50–60. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.1.50-60 Zukhrufani, A., & Zakiy, M. (2019). the Effect of Beauty Influencer, Lifestyle, Brand Image and Halal Labelization Towards Halal Cosmetical Purchasing Decisions. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 5(2), 168.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sahril, Ardian Samsuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.